Kritik untuk Kontes SEO Stop Dreaming Start Action


Kritik untuk Kontes SEO Stop Dreaming Start Action

Don't stop dreamingSeperti kita ketahui, saat ini jagat blogosfir Indonesia sedang diramaikan oleh kontes SEO dengan kata kunci Stop Dreaming Start Action. Sejauh yang saya amati, kontes yang digelar Joko Susilo dan berlangsung dari 21 Juni sampai 15 September 2009 ini paling heboh, dilihat dari nilai hadiahnya yaitu total Rp 25 juta. Tak heran, saat tulisan ini dibuat, Google.co.id mencatat lebih dari 154 juta hasil telusur kata kunci tersebut.

Postingan ini bukan ditujukan untuk mengikuti kontes SEO tersebut. Namun, tulisan ini ditujukan untuk mengkritik pada kontes SEO ini dari sisi penafsiran arti mimpi dan sisi etika. Harapan saya, kritikan ini memberi masukan yang membangun kepada Joko Susilo dan peserta kontes.

Dalam pengumumannya, Joko Susilo menyatakan bahwa tujuan diadakannya kontes ini adalah sebagai berikut:

  • Kontes ini dibuat untuk menyadarkan dirinya, dan juga orang lain akan pentingnya action. Pentingnya segera menyudahi mimpi yang tak bertepi, dan segera bertindak.
  • Melalui kontes ini, semakin banyak orang yang membahas pentingnya action dalam bisnis (atau dalam sisi kehidupan apapun juga), maka akan semakin banyak penjelajah maya yang membaca dan mendapatkan semangat besar untuk segera beraksi demi kemajuannya sendiri. Termasuk bagi para peserta kontes.
  • Harapan saya, ini akan membantu memberikan aura positif di dunia bisnis internet Indonesia dengan cara yang positif dan bersahabat.

Jangan berhenti bermimpi

Seperti yang Anda lihat di paragraf di atas, saya menebalkan 2 frasa “menyudahi mimpi” dan “cara yang positif dan bersahabat”. Kedua frasa inilah yang saya kritik.

Sejujurnya, setelah mengetahui adanya kontes Stop Dreaming Start Action pada tanggal 20 Juni 2009 lalu, saya pun tertarik untuk mengikuti kontes tersebut terutama dari segi hadiahnya. Siapa sih yang tidak tergiur dengan hadiah 3 besarnya yang dalam kisaran jutaan rupiah. Selain itu, saya pun mengiformasikan kabar ini ke beberapa teman.

Namun, saya mengurungkan niat tersebut karena ada yang tak masuk akal saya yaitu penafsiran yang salah akan makna mimpi (dreaming). Dalam tulisan Tak Penting Siapa Kita Sekarang yang saya posting tanggal 19 Juni 2009, sesungguhnya mimpi bisa ditafsirkan dari sisi negatif dan sisi positif.

Joko Susilo menafsirkan mimpi dalam sisi negatif. Pebisnis internet yang kondang dengan Sistem Mesin Uang Otomatis ini menyebutkan bahwa mimpi yang tak bertepi harus di sudahi. Logiskah mimipi harus disudahi?

Menurut saya itu adalah keliru. Mengapa? Karena mimpi bisa ditafsirkan positif. Bagi beberapa orang, mimpi diartikan cita-cita yang benar-benar bisa diwujudkan. Dunia membuktikan, hanya orang-orang bercita-cita tinggi yang mampu mengubah wajah dunia. Namun dulunya mereka suka diledek sebagai pemimpi belaka.

Zaman dahulu, gagasan bahwa orang bisa terbang ke angkasa luar dianggap mimpi di siang bolong. Namun, begitu teknologi pesawat telah mampu membawa manusia menjelajahi angkasa luar, gagasan gila itu benar-benar jadi kenyataan yang tak terbantahkan. Dengan demikian, pencapaian-pencapaian besar selalu dimulai dari mimpi-mimpi yang besar pula.

Oleh karena itu, saya berpendapat mohon jangan hentikan mimpi. Bermimpilah yang besar-besar dan lakukan action (tindakan) untuk mencapainya sekarang juga. Dengan demikian, menurut saya stop dreaming start action itu salah kaprah, sebaiknya keep dreaming and action now.

Cara tidak etis

Joko Susilo berharap bahwa kontes SEO ini memberikan aura positif bagi dunia bisnis internet Indonesia. Harapan yang sungguh mulia dan selayaknya kita dukung. Namun, saya melihat harapan itu tak sesuai kenyataan. Sejauh yang saya amati, banyak peserta kontes yang berperilaku tidak etis . Mengapa?

Seperti yang para ahli SEO informasikan, faktor paling dahsyat yang berdampak pada SEO adalah faktor off page SEO yaitu berupa backlink (link dari blog atau website lain) dengan kata kunci bersangkutan. Semakin banyak backlink terutama dari yang berpage rank 3 ke atas, semakin baik pula di hasil penulusuran Google. Backlink ini salah satunya didapat dari memberikan komentar di blog lain.

Saya yakin ini dipahami oleh para peserta SEO. Oleh karenanya, banyak peserta kontes ini melakukan komentar dengan memasukkan nama pengguna sebagai Stop Dreaming Start Action atau membuat link di komentar dengan kata kunci tersebut. Blog gratisan saya yang berpage rank 3 salah satu korbannya. Bagi para peserta yang melakukannya di blog saya, mohon maaf saya menghapus komentar Anda.

Saran saya, mohon hentikan cara tersebut dari sekarang . Jikalau Anda menang, kredibilitas, kapabilitas, dan harga diri Anda akan banyak diragukan. Salah satunya dari saya. So, berkompetisilah secara jujur (fair) dan elegan. Saya melakukan hal yang sama di Kontes SEO Aristia Wida Rukmi.

http://www.blogodolar.com/kritik-untuk-kontes-seo-stop-dreaming-start-action/

Tinggalkan Balasan

